Burung Berkicau

Tips seputar burung berkicau aneka burung peliharaan

Penyebab Burung Cendet Stres

Penyebab Burung Cendet Stres ada 7 faktor, kenali penyebabnya sehingga kita bisa mengatasinya dengan cepat dan tepat

Burung-Cendet-Pentet

Kenali Dari Prilaku Burung Cedet

Burung stres sekadar salto atau sering turun ke dasar sangkar pun kerap membuat kita stres. Perilaku stres pada burung kicauan sering dialami para kicaumania.

Bagaimana Mengatasi Cendet Stres, tentu harus disesuaikan dengan apa penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, kita sekaligus dapat melakukan tindak pencegahan (preventif) agar hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Burung cendet yang dipelihara dalam sangkar, baik masih bakalan, maupun sudah jadi, atau bahkan sering dilombakan, tetap memiliki potensi mengalami stres. Ada beberapa Penyebab Burung Cendet Stres namun yang paling sering antara lain :

Penyebab Burung Cedet Stres :

  • Sangkar yang terlalu kotor dan / atau berbau.
  • Lingkungan kurang nyaman dan kurang aman bagi burung.
  • Pergantian sangkar lama ke sangkar baru.
  • Burung kaget karena sangkar terjatuh atau diserang hewan lain.
  •  Burung menempuh perjalanan jauh.
  •  Perubahan pola rawatan dan / atau pakan.
  •  Stres karena faktor lain seperti kalah mental, sakit berkepanjangan, dan sebagainya.

Cendet stres lebih mudah diamati jika burung sebelumnya rajin bunyi dan jinak. Sebab ketika stres, burung mendadak lebih sering diam dan terkadang mengalami perubahan perilaku seperti menjadi liar, bahkan mulai sering salto.

Jika cendet sudah berusia sangat mapan, kemungkinan mengalami stres dan perubahan perilaku relatif kecil. Sebaliknya, pada burung yang masih muda, atau belum dewasa, maka kondisi mental dan fisiknya cenderung labil dan lebih mudah mengalami stres.

Penanganan terhadap cendet stres harus segera dilakukan agar burung tidak mengalami perubahan perilaku yang lebih buruk lagi, seperti loncat-loncat, salto, atau menjadi ketakutan melihat pemiliknya sehingga sering menabrak jeruji yang berisiko melukai dirinya sendiri.

Sumber : omkicau.com

More from Kicau Mania

Leave a Reply

Back to Top