Burung Berkicau

Tips seputar burung berkicau aneka burung peliharaan

Persiapan Ciblek Sebelum Lomba

Persiapan Ciblek Sebelum Lomba Perlunya digaris bawahi bahwa burung yang akan dibawa ke arena champions kicau sebelumnya harus di perhatikan secara rinci

Burung Ciblek

Persiapan Yang Matang

Persiapan Ciblek Sebelum Lomba Perlunya digaris bawahi bahwa burung yang akan dibawa ke arena champions kicau sebelumnya harus di perhatikan secara rinci dan kita harus memperhatikan burung kita, baik mental, volume suara, gaya, fisik, serta ocehan – ocehan pada burung kita, tidak jarang burung yang sudah tampil bagus dirumah akan ngambek dilapangan.

Bisa juga faktor utama nya adalah fisik dan mental dalam bertarung belum siap untuk itu ada beberapa hal yang harus anda ketahui sahabat kicau mania sebelum anda mempertarungkan Burung Ciblek anda dalam arena / lapangan championship di antaranya :

Persiapan Burung Yang Akan Dilombakan :

  • Persiapkan burung yang akan dilombakan kira – kira 3 – 1 minggu burung tersebut jangan dibawa latihan atau dipertemukan dengan sejenisnya atau lawan jenisnya, namun menjelang 2 – 4 hari sebelum lomba boleh didekatkan dengan betina nya jika memang setelannya seperti itu.
  • Sering dikrodong / kain penutung kandang / sangkar burung dan boleh dibuka seperlunya seperti memandikan burung, penjemuran, serta pemberian makanan serta vitamin.
  • Sebelum berangkat dari rumah menuju lapangan kontes burung diberikan makanan yang segar dan alami seperti : Kroto, UH (Ulat Hongkong), UK (Ulat Kandang), Jangkrik, Pepaya dan Pisang Kepok, untuk pemberian kroto sebaiknya diberikan 4-5 harinya sebelum turun lapangan berikanlaqh secukupnya dan jangan sampai ada yang tersisa disangkar / kandang burung kita, karena kroto atau makanan yang tersisa dapat menyebabkan busuk.
  • Sebelum berangkat sebaiknya mandikan dengan semprotan atau spray burung tersebut secukupnya agar burung tidak kepansan dan akan tetap segar.
  • Tutup sangkar burung dengan krodong secara rapat dalam perjalanan menuju lapangan kontes.
  • Untuk jarak lomba yang dekat atau kurang lebih dari 2 jam perjalanan burung tidak perlu diberikan obat anti setres, tetapi bila perjalanan menempuh waktu lebih dari 3 sampai 7 jam di berikan obat anti setres sekitar 2 – 3 hari menjelang kebarangkatan.
  • Burung sebaiknya sudah tiba pada arena lomba kurang dari 2 jam sebelum di mulai nya kontes agar burung tidak mengalami setres dan kaget alasannya agar burung tenang dan istrahat dahulu setelah menempuh perjalanan.
  • Gantang burung kita sesampainya dilokasi kontes dengan mencari tempat yang teduh dan hindari / jauhkan dari burung lomba lainnya.krodong segera dibuka sebasgian agar burung dapat minghirup udara segar di alam sekitar.
  • Beri kroto ataupun UH (Ulat Hongkong), jangkrik, UK (Ulat Kandang), sesuaikan menu makanannya agar burung segar kembali.
  • Kira nya itu dulu yang dapat saya sampaikan apabila ada sedikit kekurangan dalam saya bertutur bahasa saya mohon maaf yang sebesar – besarnya kepada anda semua para pembaca artikel pada blog saya ini. Terima Kasih dan Salam Kicau Mania.

Sumber : lampung-berkicau.blogspot.com

Leave a Reply

Back to Top